Manfaat Sambal

Sambal adalah salah satu dari makanan pedas yang banyak disukai oleh hampir seluruh keluarga di Indonesia. Tua, muda, remaja, bahkan anak-anak juga sangat menyukai sambal. Rasanya makan terasa kurang nikmat dan mantap tanpa adanya sambal. Bahan utama membuat sambal, antara lain cabe, cabe juga sangat mudah ditemukan di banyak pasar tradisional ataupun supermarket.

Nah, terlihat waktu harga cabe perlahan naik semua masyarakat mengeluh, baik pedagang ataupun konsumen,mulai dari ibu-ibu rumah tangga hingga pemilik warung-warung kecil. Bisa kamu bayangkan betapa sangat “krusialnya” kebutuhan akan cabe di negara kita saat ini, hingga bisa mengalahkan masalah korupsi pejabat. Mengingat sangat “krusialnya” masalah cabe dan terutama masakan pedas.

Lalu, Adakah Manfaatnya Makanan Pedas ini sendiri?
Tentu aja ada! ini bukanlah sebuah pengakuan yang dibuat-buat dari seorang penggemar makanan pedas, lho. Ternyata, cabe yang memiliki senyawa utama kapsaisin memiliki banyak sekali manfaat. Di antaranya adalah:

* bisa menurunkan berat tubuh anda. Benarkah? Bukankah terkadang masakan yang pedas justru dapat menambah nafsu makan? tapi Jangan salah, justru sambal itu bisa juga membantu meningkatkan nafsu makan kita pada menu diet, yang biasanya cukup minimalis atau menu sayur rebusan yang biasanya tidak disukai. Tambahan lagi, masakan pedas juga dapat meningkatkan metabolisme tubuh kita, antara lain membakar sejumlah kalori saat mengunyah makanan selama lebih kurang 20 menit.

* Menyehatkan atau menguatkan jantung, ditambah juga dapat menurunkan tekanan darah anda. Ternyata, cabe merah ini bisa mengurangi efek jahat yang dapat merusak dari kandungan kolesterol yang berlebihan di tubuh kita serta dapat juga melawan peradangan. Oleh karena itu, cabe jelas mampu mengurangi serangan jantung dan juga stroke. Vitamin A dan C yang terkandung di dalam cabe dapat membantu menguatkan dinding otot jantung sementara panas yang dihasilkan bisa meningkatkan aliran darah ke seluruh bagian tubuh.

Semoga bermanfaat. Terima kasih…

Sumber : http://umayaika.wordpress.com/2012/05/09/manfaat-sambal/

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s