Pemprograman C++ (D3)

C++ merupakan pengembangan dari bahasa C. Bahasa C sendiri di rancang oleh Dennis M. Ritchie & Brian W Kernighan pada tahun 1972 dan dituangkan pada ‘C Reference Manual’ yang diterbitkan oleh Bell laboratories tahun 1974.

Bahasa C merupakan perkembangan bahasa BCPL (Basic combined Programming Langguage) yang dibuat oleh Dr. Martin Richard dari Cambridge University di Inggris, kemudian dikembangkan oleh Ken Thompson menjadi bahasa yang disebut dengan B. Dennis M. Ritche tertarik oleh Interpreter bahasa B yang ditulis oleh Ken Thompson tersebut dan mengembangkannya menjadi suatu compiter yang disebut dengan C.

C++ diciptakan satu dekade setelah C. diciptakan oleh Bjarne Stroustrup, Laboratorium Bell, AT&T, pada tahun 1983. bahasa ini bersifat kompatibel dengan bahasa pendahulunya, C. pada mulanya C++ disebut “a better C”. Nama C++ sendiri diberikan oleh Rick Mascitti pada musim panas 1983. adapun tanda ++ berasal dari nama operator penaikan pada bahasa C. Keistimaan yang sangat berarti pada C++ adalah karena bahasa ini mendukung pemrograman yang berorientasi obyek (PBO).Tujuan utama pembuatan C++ adalah untuk meningkatkan produktivitas pemrogram dalam membuat aplikasi.

Program C++ biasa ditulis dengan nama ekstensi .CPP (dari kata C plus plus). Pada saat pengkompilasian, program sumber (.CPP) bersama file-file header (berekstensi .H atau .HPP) akan diterjemahkan oleh oleh kompiler C++ menjadi kode objek (.OBJ). file obyek ini berupa dalam format biner (berkode 0 & 1).

Selanjutnya file obyek ini bersama-sama dengan file obyek lain serta file pustaka (.LIB) dikaitkan menjadi satu oleh linker. Hasilnya berupa file yang bersifat executable. File inilah yang bias dijalankan dari sistem operasi secara langsung.

Bagi yang ingin mendalami saya sudah sediakan kumpulan-kumpulan source codenya C++ Di Sini

Semoga Bermanfaat. Terima Kasih

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s