Di Balik Amarah Ada ….

Marah memang kerap diidentikkan dengan sesuatu yang tidak baik.

Tetapi tidak semua menurut pribadi Saya. angry_rgb1                                                 Sumber Gambar: Klik Disini

 

Berikut ini adalah paparan tentang kemarahan versi wiki..

Kemarahan adalah suatu emosi yang secara fisik mengakibatkan antara lain peningkatan denyut jantung, tekanan darah, serta tingkat adrenalin dan noradrenalin [1]. Rasa marah menjadi suatu perasaan yang dominan secara perilaku, kognitif, maupun fisiologi sewaktu seseorang membuat pilihan sadar untuk mengambil tindakan untuk menghentikan secara langsung ancaman dari pihak luar [2]. Ekspresi luar dari kemarahan dapat ditemukan dalam bentuk raut muka, bahasa tubuh, respons psikologis, dan kadang-kadang tindakan agresi publik [3].

Manusia dan hewan lain sebagai contoh dapat mengeluarkan suara keras, upaya untuk tampak lebih besar secara fisik, memamerkan gigi mereka, atau melotot [4]. Marah adalah suatu pola perilaku yang dirancang untuk memperingatkan pengganggu untuk menghentikan perilaku mengancam mereka. Kontak fisik jarang terjadi tanpa ekspresi kemarahan paling tidak oleh salah seorang partisipan [4]. Meskipun sebagian besar pelaku menjelaskan bahwa rasa marah timbul karena “apa yang telah terjadi pada mereka,” ahli psikologi menunjukkan bahwa orang yang marah sangat mungkin melakukan kesalahan karena kemarahan menyebabkan kehilangan kemampuan pengendalian diri dan penilaian objektif [5].

Para ahli psikologi modern memandang kemarahan sebagai suatu emosi primer, alami, dan matang yang dialami oleh semua manusia pada suatu waktu, dan merupakan sesuatu yang memiliki nilai fungsional untuk kelangsungan hidup. Kemarahan dapat memobilisasi kemampuan psikologis untuk tindakan korektif. Namun, kemarahan yang tak terkendali dapat berdampak negatif terhadap kualitas hidup pribadi dan sosial [5][6].

Meskipun banyak filsuf dan penulis telah memperingatkan terhadap kemarahan yang spontan dan tak terkendali, terdapat ketidaksepakatan tentang nilai intrinsik dari kemarahan. Penanganan kemarahan telah menjadi bahan tulisan sejak para filsuf awal hingga saat ini. Ahli psikologi modern, berlawanan dengan para penulis awal, juga telah menunjukkan dampak buruk karena menekan rasa marah [7]. Penunjukan kemarahan juga telah digunakan sebagai strategi manipulasi untuk pengaruh sosial [8][9].

Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Kemarahan

Kenyataannya…

Ada hal positif yang didapat dari seseorang yang marah kepada kita.

Yaitu : K E P E D U L I A N

Contoh : [ Seorang pengajar yang marah kepada didikannya karena tugas belum selesai atau tidak dikerjakan. dan kalau dipikir-pikir. Untuk apalah marah. Hanya menguras-nguras energi saja. Tetapi, hal tersebut tetap dilakukan agar memberi efek jera dan sembari berharap agar Pelajar/ Mahasiswa tersebut tekun di dalam mengerjakan sesuatu untuk masa depannya ]

Ya walaupun dengan cara yang salah… tapi namanya juga manusia. Tidak akan luput dari yang namanya khilaf.

Selanjutnya apa yang harus dilakukan ketika ada Orang lain yang memarahi kita?

Untuk pertanyaan diatas. Saya akan menjawab dengan versi Saya. Dan mohon maaf jika jawaban Saya nantinya bertentangan dengan Anda sekalian.

Jawab :

1. Berusaha jangan melawan. Karena amarah dilawan dengan amarah akan menjadikan keadaan semakin keruh

2. Jika memang diri Kita yang salah. Segeralah meminta maaf dan berusaha untuk memperbaikinya

3. Jangan dendam. Coba renungkan dengan seksama. Mengapa seseorang tersebut marah. Karena mungkin saja memang Kita salah. dan seharusnyalah diri Kita bersyukur karena masih ada orang lain yang mempedulikan diri Kita. Walaupun melalui cara yang mungkin tidak mengenakkan

4. Nilailah segala sesuatunya dari sudut pandang yang berbeda. Karena tidak ada satupun manusia yang sempurna

 

Sekian dari Saya. Terima Kasih. Semoga Bermanfaat

[Gurkiy]

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s